Minggu, 12 Oktober 2014

www.uin-suka.ac.id
Rabu, 16 Juli 2014 09:50:26 WIBDilihat : 311 kali

Perguruan tinggi di Indonesia, baik atas inisiatif dari internal atau paksaan kekuatan eksternal, terus berupaya untuk melakukan pembenahan dalam rangka pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan. Setuju atau tidak setuju upaya itu harus dikerjakan oleh semua perguruan tinggi bila ia tidak ingin ditinggalkan oleh para pemangku kepentingannya.
Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan mahasiwa dilingkungan Fakultas Saintek diselenggarakan Workshop dan Focused Group Discussion “Evaluasi Sasaran Mutu Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta”, Kamis (10/07) di ruang rapat Lt.2 fakultas Sains dan Teknologi. Mendatangkan pembicara Prof. Dr. Wawan S. Suherman, Ph.D (LPPMP UNY) dan Prof. Dr. Kusminarto (KJM UGM).
Kegiatan ini diikuti oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan di lingkungan Saintek, Kepala laboratorium serta PLP laboratorium fakultas Sains dan Teknologi. Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Susy Yunita Prabawati, M.Simengatakan kegiatan ini diadakan agar tetap terjaga mutu dan kualitas pendidikan di perguruan tinggi, khususnya di fakultas Sains dan Teknologi.
Prof. Dr. Wawan S. Suherman, Ph.D menjelaskan secara praktik pencapaian sasaran mutu akademik dapat diraih dengan menggunakan beberapa strategi. Seperti membentuk critical mass untuk mencitakan budaya mutu, menerapkan sistem manajemen mutu, melakukan audit internal, melakukan tindak lanjut dan melakukan rapat tinjauan manajemen, melakukan audit eksternal, serta melakukan revisi target untuk perencanaan program berikutnya.
Ia menambahkan pada titik inilah, penetapan sasaran mutu akademik menjadi penting dan strategis. Sasaran mutu akademik harus ditetapkan berdasarkan hasil analisis (SWOT) yang cermat dan tepat.” Penetapan sasaran mutu akademik tidak boleh sembarang, tidak boleh terlalu mudah untuk dicapai atau terlalu tinggi untuk diraih dan menantang untuk diraih” kata Suherman Kepala LPPMP UNY.
Sementara itu, Prof. Dr. Kusminarto menerangkan di UGM untuk penjaminan mutu sudah di berlakukan sistem terintegrasi. siklus mutu internal menggunakan teknologi informasi dengan memasukkan data-data akademik atau keuangan yang bisa diakses dalam satu pintu. “ Jika diklik nama kuncinya akan terpampang data yang diinginkan, dan sistem ini sudah berjalan hampir satu tahun” tutur Kusminarto.
Pada kesempatan yang sama juga diselenggarakan FGD: Perumusan Target & Strategi Pencapaian Sasaran Mutu 2014 – 2016 fakultas Sains dan Teknologi. Dengan kegiatan ini akan mendapatkan blue print serta strategi peningkatan mutu pendidikan bagi mahasiswa fakultas Sains dan Teknologi. (Humas ST/Ch)
http://saintek.uin-suka.ac.id/index.php/page/kolom/detail/35/mengendalikan-emosi-dan-suasana-hati-dalam-bekerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar